Potret Perjalanan ICCO BDS

SEDIKIT TAHU TENTANG BANYAK HAL

Sepertinya itu lebih baik daripada

BANYAK TAHU TENTANG SEDIKIT HAL

Hallo-hallo jendela bercerita…..

Tak terasa udah setahun project ICCO BDS berjalan…

Tak terasa juga belajar membuat sebuah bisnis sosial di bidang komoditi pertanian udah hampir 1 tahun…. hehe

Sebuah perjalanan yang panajang, mulai dari Workshop #1 yang bertemakan Menuju Keberlangsungan Produksi dan Kesejahteraan Masyarakat  yang diselenggarakan di Depok, 4-6 Maret 2014, yang diikuti oleh ICCO dan mitra ICCO BDS. Lebih tepatnya di waktu ini aku belum bergabung di TIM ini hehehe.

Pertama kali dan hal baru bagi saya, menyentuh sebuah project yang didalamnya terdapat sebuah bisnis untuk kesejahteraan masyarakat…..dengan pendekatan M4P dan VCD.

“opo kuwii….. (dlm hati, dengan perasaan bingung)

Tetapi pelan-pelan ku pelajari modul yang tebal tentang materi M4P dan VCD dan berbahasa inggris pula…… hahahaha (tambah bingung).

Dan sampai sekarang aku juga masih bingung dengan M4P itu sendiri secara detail hahahaaha

Mulailah tahap kedua “ASESSMENT“

Disinilah aku mengikuti tahapan-tahapan asessment dengan modal ilmu yang minim, tetapi ilmu minim ini dapat terlengkapi dengan sedikit ilmu yang disampaikan para pelaku-pelaku baik produsen maupun pasar langsung di masing-masing mitra dampingan. woooww….. begini to pasar itu, begini to masalahnya, begeni to caranya….yahh penuh dengan ohh,ohh, dan ohh….waktu di lapang dulu, mencoba jadi pendengar dan pencatat yang rajin lah hehehe

Soalnya masih minim ilmunya hahaha

Kalau kata orang-orang  jawa dulu “ belajar iku sing nyatane, ojo jarene”, melihat aslinya itu lebih mengerti ketimbang baca buku…… hehe, tetapi perlu juga baca buku…untuk pendalaman.

Beberapa tempat dalam 2 bulan kami pijak berpetualang mengabdi dan mencari ilmu dari Solo, Malang, Magelang, dan Salatiga di komoditas berbeda.  Hehe disinilah ilmu terpendam itu ku gali….. yups walaupun sedikit-sedikit penggalian ilmu mulai terbuka…..

Selesai sudah 2 bulan berpetualangan…..

Saatnya hal yang paling membosankan yaitu “Menulis” hahaha

Memang salah satu hal yang dari dulu paling saya hindari….heheehehe

Tapi pelan-pelan dan mau g’ mau….harus dilakukan.

“kalau kata teori : belajar dan melawan kelemahan itu lebih baik”

Yuhhuuuu tepat 5 bulan dari asessment…. ku lalui lika-liku menulis laporan itu dan akhirnya selesai juga untuk tahap 1…..hahaha

Desember ceria 2014….

pelasanaan workshop ICCO #2 yang bertemakan desain bisnis plan untuk menuju keberlangsungan produksi dan kesejahteraan masyarakat. Pada workshop kali ini mulai ada penyusutan peserta dari apa yang kita asessment sebelumnya. Disini pelatihan-pelatihan mendesain sebuah bisnis plan dan keuangan oleh masing-masing mitra sesuai keseriusan, potensi, dan peluang komoditi masing-masing petani dampingan mitra.

3 hari sudah terlewati……Kembali ke laporan hahahaa

Dan akhirnya terampaui juga laporan workshop,  project update , dan mau berjalan lagi dalam tahap penyusunan Narative Annual Project  dengan dateline akhir bulan Februari 2015 lebih tepatnya minggu depan haha

Bulan-bulan ini kami mulai berdiskusi dan terus berdiskusi untuk kegiatan ICCO selanjutnya.

Dan mulai bulan depan Maret-April, Kami akan kembali turun lapang untuk klarifikasi tentang bisnis plan yang mitra telah buat dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyusunan bisnis.

Beginilah, potret cerita project ICCO BDS setahun ini….hehehe